PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTs AL-ULUM MEDAN

Safitri, Linda (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MTs AL-ULUM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152111022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152111022 COVER.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152111022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152111022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152111022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 4152111022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 4152111022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152111022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4152111022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4152111022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152111022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152111022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152111022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan; 2) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model problem based learning di kelas VIII MTs Al-Ulum Medan; 3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning yang dikembangkan; 4) peningkatan self-efficacy siswa melalui perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning yang dikembangkan; 5) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Al-Ulum Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development & research) dengan menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran Thiagarajan dan Semmel yaitu model 4-D yang dibatasi hanya pada tiga tahap (3-D). hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria “valid” dengan rata-rata total validitas RPP = 4,318, LAS = 4,227, tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dimana tim ahli menyatakan valid dengan nilai rata-rata 4,418 dan 4,25, dan hasil validasi angket self-efficacy untuk setiap butir pernyataan dimana tim ahli menyatakan valid. 2) perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,7%; b) ketercapaian tujuan pembelajaran dimana persentase pencapaian tujuan pembelajaran sebesar 81,27%; c) respon siswa sudah menunjukkan respon yang positif; dan d) waktu yang digunakan tidak melebihi waktu pembelajaran yang biasa. 3) kemampuan pemecahan masalah matematis pada uji coba II meningkat dari uji coba I. 4) self-efficacy siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning berada pada kategori baik. 5) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MAT 107
Keywords: Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Pemecahan masalah; Self-efficacy; Model pembelajaran; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2021 00:07
Last Modified: 14 Jun 2021 00:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42512

Actions (login required)

View Item
View Item