Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Tahapan Berpikir Kreatif Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SMP Swasta Karya Bhakti Medan

Adelia, Windah Sari (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Tahapan Berpikir Kreatif Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8166172066 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8166172066 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8166172066 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8166172066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8166172066 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8166172066 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8166172066 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8166172066 PREFACE.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8166172066 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8166172066 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8166172066 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. 8166172066 TABELS.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8166172066 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8166172066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8166172066 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8166172066 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8166172066 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8166172066 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8166172066 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8166172066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau berdasarkan tahapan berpikir kreatif setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah; (2) deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran berbasis masalah; (3) kesulitan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tahapan berpikir kreatif setelah pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – B SMP Swasta Karya Bhakti Medan yang berjumlah 26 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah dan proses jawaban siswa, berdasarkan tahapan berpikir kreatif, berdasarkan indikator dan aspek kesulitan.
Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap mensintesis ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 42,85%, kategori sedang berjumlah 3 orang siswa sebanyak 42,85%, kategori tinggi berjumlah 1 orang sebanyak 14, 28%; tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap merencanakan penerapan ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 60%, kategori sedang berjumlah 2 orang siswa sebanyak 40%; tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada tahap menerapkan ide untuk kategori rendah berjumlah 3 orang siswa sebanyak 75%, kategori sedang berjumlah 1 orang siswa sebanyak 25%; (2) proses jawaban siswa dalam pemecahan masalah pada model pembelajaran berbasis masalah yaitu: a) pada kategoti tinggi dengan tahap mensintesis ide, siswa menyelesaikan masalah pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan menyelesaikan masalah; b) pada kategori sedang dengan tahap merencanakan penerapan ide, siswa menyelesaikan masalah pada indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan menyelesaikan masalah tetapi salah perhitungan; c) pada kategori rendah dengan tahap menerapkan ide, siswa belum mampu menyelesaikan masalah pada indikator – indikatornya. (3) kesulitan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran berbasis masalah yaitu: a) pada indikator tinggi dengan tahap mensintesis ide, siswa tidak mengalami kesulitan; b) pada kategori sedang dengan tahap merencanakan penerapan ide, siswa mengalami kesulitan pada aspek prinsip, dan prosedur; c) pada kategori rendah dengan tahap menerapkan ide, siswa mengalami kesulitan pada aspek konsep, prinsip, dan prosedur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ade a
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Matematika; Tahapan Berpikir Kreatif; Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Jun 2021 19:12
Last Modified: 02 Jun 2021 19:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42358

Actions (login required)

View Item
View Item