Pengaruh Model PAKEM Dengan Menggunakan Media Tangram Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Kelas II SD IT Khalisaturrahmi Binjai

Alfananie, Athiyyah Zahrah (2021) Pengaruh Model PAKEM Dengan Menggunakan Media Tangram Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Kelas II SD IT Khalisaturrahmi Binjai. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176182007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176182007 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176182007 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176182007 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176182007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176182007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176182007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176182007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176182007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176182007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176182007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176182007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176182007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176182007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176182007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176182007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176182007 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176182007 BAB I.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176182007 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176182007 BAB V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176182007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176182007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (2) Apakah motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori (3) Apakah
interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, Ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap kemampuan spasial matematis siswa, dan (4) Apakah interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, Ekspositori) dengan
kemampuan awal matematika siswa (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas II SD IT Khalisaturrahmi Binjai berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian ini adalah Kelas II A (20 siswa), dan Kelas II B (20 siswa).
Instrumen yang digunakan terdiri dari tes KAM, tes kemampuan spasial matematis siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan
ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (2) Motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model PAKEM berbantuan media tangram lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model ekspositori. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah)terhadap kemampuan spasial matematis siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran model (PAKEM berbantuan media tangram, ekspositori) dengan kemampuan awal matematika siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.7 Alf p
Uncontrolled Keywords: Model PAKEM; Tangram; Kemampuan Spasial Matematis; dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 May 2021 22:08
Last Modified: 03 Jun 2021 19:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42331

Actions (login required)

View Item
View Item