Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing

Meylinda, Dessy (2021) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172011 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172011 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172011 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172011 LIST OF STRUCTURE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172011 LIST OF STRUCTURE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8176172011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8176172011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8176172011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8176172011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran
berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (3)Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemandirian belajar matematis siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Labuhanbatu Utara. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperolah dua kelas sampel. Kelas eksperimen I mendapat model pembelajaran berbasis masalah dan kelas eksperimen II
mendapat model pembelajaran penemuan terbimbing. Instrument yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data digunakan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitian meunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan
terbimbing, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemandirian belajar matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti agar guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Mey p
Keywords: Komunikasi Matematis; Kemandirian Belajar Siswa; Pembelajaran Berbasis Masalah; Penemuan Terbimbing; Kemampuan Awal Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2021 20:34
Last Modified: 27 May 2021 20:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42322

Actions (login required)

View Item
View Item