PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN

Gultom, Maharani (2014) PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116173012 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116173012 Judul.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116173012 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116173012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116173012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116173012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116173012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116173012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116173012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116173012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116173012 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116173012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116173012 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116173012 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116173012 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116173012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116173012 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116173012 Bab I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116173012 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116173012 Bab V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116173012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116173012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar, (2) Kemampuan berpikir kritis, dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran PBL dan inquiry pada materi jamur (fungi) di kelas X SMA N 17 Medan. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling yaitu kelas A yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran PBL dan kelas B yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran inquiry. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis Independent Sample t test pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukan : (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 0,497, P = 0,621> 0,05), (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,801; P = 0,076> 0,05), dan (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan siswa yang dibelajarkan dengan inquiry secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,494; P = 0,139> 0,05). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran PBL dalam pembelajaran biologi tentang jamur (fungi) dalam upaya meningkatkan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Gul p
Keywords: Strategi pembelajaran; Berpikir kreatif; Berpikir kritis; Pembelajaran inquiqy; Problem Based Learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4231

Actions (login required)

View Item
View Item