implementation classe universita validity peningkatan activity bagaimana seen teacher dianalisi problem produced setelah meet outcome education keefektifan MS state maupun show seluruh students' viewed bahwa kriteria taught tesi pemecahan increased penilaian tahap secara perangkat kabanjahe kegiatan terdiri masalah lembar adalah tool memenuhi result keyword student kemampuan wa pengembangan untuk positif learning medan research improve ata siswa book meningkatkan both uji program pascasarjana positive all trial merupakan development hasil product content design yaitu dalam mathematic using melalui namely university isi plan ABSTRACT pembelajaran sheet kata post studi four NURMILLAH SMA response semmel konstruk kela validita dihasilkan berbasi berbeda menganalisi analyzed ABSTRAK ini descriptively capability pelaksanaan matematika II baik dikembangkan menunjukkan keterlaksanaan being coba model 2020 different kepraktisan study matemati respon SEMBIRING test how validator increase dilaksanakan dilihat clas berbantuan diajarkan dua through thesi based developed pendidikan abilitie school device negeri dan kali deskripsif kunci produk empat geogebra rencana effectivenes disseminate data buku after menggunakan yang stage consist assessment construct solving conducted guru penelitian belajar develop use activitie mathematical two XI dari aim postgraduate bertujuan oleh criteria aided completenes aktivita thiagarajan BR define meningkat practicality high ketuntasan analyze