Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Green Chemistry Berbasis Discovery Learning Pada Kelas XI MIPA Semester II

Erlina (2020) Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Green Chemistry Berbasis Discovery Learning Pada Kelas XI MIPA Semester II. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176142009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176142009 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176142009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176142009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176142009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176142009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176142009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176142009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176142009 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176142009 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176142009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176142009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8176142009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8176142009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176142009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penuntun praktikum sekolah yang diteliti, Pengembangan dan kelayakan penuntun praktikum kimia Green Chemistry berbasis Discovery Learning pada kelas XI MIPA semester II berdasarkan hasil standarisasi dan pendapat validator ahli, dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan penuntun praktikum kimia Green Chemistry berbasis Discovery Learning. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Populasi dalam penelitian ini, adalah (1) seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Cerdas Murni, (2) Penuntun praktikum kimia kelas XI semester II yang telah beredar, (3) guru kimia SMA/MA. Sampel dalam penelitian ini adalah (1) 72 orang siswa kelas XI pada 2 kelas yang berbeda di SMA Cerdas Murni, (2) Penuntun praktikum kimia yang telah beredar untuk SMA/MA kelas XI semester II, (3) 5 guru kimia, 3 orang dosen kimia di Universitas Negeri Medan. Para meter yang diukur adalah kelayakan penuntun praktikum, hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah nontes untuk kelayakan penuntun praktikum dan motivasi siswa sedangkan untuk hasil belajar siswa memnggunakan instrumen test. Data kelayakan penuntun praktikum dianalisis secara deskriftif, sedangkan data hasil belajar dan motivasi siswa dianalisis secara statistik dengan uji t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat kelayakan penuntun peraktikum kimia SMA/MA kelas XI semester II yang diterbitkan oleh beberapa penerbit memiliki kategori cukup layak, namun komponen kelayakan isi, kemutakhiran, mengembangkan kecakapan hidup serta sistem penyajian penuntun praktikum masih perlu dikembangkan. (2) Hasil validasi kelayakan penuntun praktikum green chemistri memiliki rata-rata 4,33 sehingga termasuk kategori sangat layak. (3) Hasil belajar siswa menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan buku yang beredar, dengan nilai hasil belajar siswa (Sig < α) dan (thitung > t tabel) yaitu (0,00 < 0,05) dan (3,288> 2,000). (4) Motivasi belajar siswa menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan lebih tinggi dari motivasi belajar siswa yang menggunakan buku yang beredar. (5) Motivasi belajar siswa berkolerasi positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum kimia green chemistry berbasis Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Erl p
Uncontrolled Keywords: chemistry practicum guide, green chemistry, discovery learning, student motivation, learning outcomes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2021 20:34
Last Modified: 26 May 2021 20:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42283

Actions (login required)

View Item
View Item