PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BM PANCA BUDI MEDAN TP.2019/2020

LESTARI, DWI PUTRI UTAMI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BM PANCA BUDI MEDAN TP.2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7161144013 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7161144013 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7161144013 APPROVAL SHEETS.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7161144013 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7161144013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7161144013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7161144013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7161144013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7161144013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7161144013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7161144013 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7161144013 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7161144013 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7161144013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7161144013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7161144013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7161144013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7161144013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7161144013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7161144013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7161144013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7161144013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. Penelitian yang dilakukan di SMK BM Panca Budi Medan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK BM Panca Budi Medan TP. 2019/2020
yang berjumlah 90 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X AP 1 dan kelas X AP 2 sebanyak 90 orang. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal pre-test dan post-test sebanyak 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang
digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan posttes yaitu 59,58 dan 81,25. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pretest dan post-tes yaitu 64,44 dan 74,72. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di output Pair 1 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, output Pair 2 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Berdasarkan pembahasan output Pair 1 dan Pair 2 dapat di simpulkan hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan model numbered head together lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan menggunakan model
problem based learning pada siswa kelas X AP SMK BM Panca Budi Medan T.P 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Numbered Head Together, Model Pembelajaran Problem Based Learning , dan Hasil Belajar Administrasi Umum
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 May 2021 01:42
Last Modified: 25 May 2021 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42220

Actions (login required)

View Item
View Item