ANALISIS INSTRUMEN TES YANG DIGUNAKAN GURU DALAM UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA KELAS XI MATA PELAJARAN FISIKA T.P 2019/2020 SMA/MA DI KOTA MEDAN

Batubara, Muhammad Rizki Afif (2020) ANALISIS INSTRUMEN TES YANG DIGUNAKAN GURU DALAM UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA KELAS XI MATA PELAJARAN FISIKA T.P 2019/2020 SMA/MA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4161121016 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4161121016 COVER.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 4161121016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 4161121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4161121016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4161121016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4161121016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4161121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4161121016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4161121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4161121016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4161121016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4161121016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4161121016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4161121016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4161121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam
menjawab soal UAS serta mengetahui kualitas Soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 yang dilihat dari aspek kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 320 siswa. Objek penelitian adalah soal UAS yang berasal dari 4 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mampu menjawab soal UAS berdasarkan nilai rata-rata siswa dalam menjawab soal UAS Ganjil T.P 2019/2020. Berdasarkan aspek kognitif taksonomi Bloom sebaran soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 belum memenuhi proporsi soal yang seimbang yaitu dengan formulasi C1 40% C2
20% C3 20% C4 10% C5 5% C6 5%. Berdasarkan tingkat kesukaran
sebaran soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 belum memenuhi kriteria soal yang seimbang yaitu dengan formulasi sukar 25% sedang 50% dan mudah 25%. Berdasarkan daya pembeda sebaran soal UAS T.P 2019/2020 belum memenuhi kriteria soal yang baik yaitu dengan kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 ≥ 85%. Kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 pada soal UAS MAN 2 Model Medan 20%, UAS SMAN 5 Medan 20%, UAS MAS Muallimin Medan 15%, UAS SMAS Tman Ssswa Singosasri Medan 0%,. Berdasarkan
reliabilitas, soal UAS rata-rata memiliki reliabilitas Sedang (0,30-0,64).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 074
Keywords: Tes pilihan ganda; Analisis butir soal; Taksonomi Bloom; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 May 2021 20:38
Last Modified: 10 May 2021 20:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42097

Actions (login required)

View Item
View Item