Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 5 SD Negeri 0407 Mondang

Pohan, Arif Mahmuda (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas 5 SD Negeri 0407 Mondang. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182008 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156182008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156182008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156182008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156182008 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. 2) mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi belajar belajar rendah. 3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 di SD Negeri 0407 Mondang. Siswa yang dijadikan sampel adalah siswa kelas 5. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas 5 A berjumlah 25 siswa dan kelas kontrol adalah kelas 5 B berjumlah 25 siswa. Dengan demikian pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan instrument motivasi siswa. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajarn berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi rendah; dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Secara praktis, studi ini merekomendasikan guru untuk menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika dan memperhatikan tingkatan motivasi belajar siswa agar desain pembelajaran disesuaikan dengan level motivasi tersebut. Secara teoritik, studi ini berkontribusi dalam menambah pengetahuan terkait pembelajaran matematika berbasis masalah di sekolah dasar. Studi lanjutan dapat memperdalam kajian terkait kesesuaian karakteristik siswa dengan metode pembelajaran yang dipilih karena aspek tersebut terindikasi sebagai salah satu faktor kunci keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmin, nidn0004085705
Thesis advisorMenanti, Asihnidn0003066006
Call Number: 510.72 Poh p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Motivasi Belajar; Pemecahan Masalah; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 May 2021 01:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42089

Actions (login required)

View Item View Item