PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI GERAK LURUS PADA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T. A 2019 / 2020

Daulay, Imam Ikhsan (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI GERAK LURUS PADA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T. A 2019 / 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM_4161121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM_4161121010 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM_4161121010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM_4161121010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM_4161121010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM_4161121010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM_4161121010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM_4161121010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM_4161121010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM_4161121010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161121010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161121010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161121010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161121010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161121010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161121010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan instrumen tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai instrumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran di SMA, mengembangkan kompetensi dasar serta indikator yang digunakan untuk instrumen asesmen HOTS, dan mengetahui karakteristik instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan sebagai instrumen untuk melatih keterampilan
berpikir tingkat tinggi dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap (define, design, develop, dan disseminate).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 14 Kota Medan. Hasil analisis rata - rata validasi tes oleh tim ahli menunjukkan tes kognitif berkategori valid dengan nilai 88,7%. Reliabilitas tes berkategori reliabel Tinggi dengan nilai (0,9). Tingkat kesukaran, berkategori sedang (87,5%), dan sukar (12,5%). Daya pembeda, berkategori sedang (75%), dan Baik (25%). Instrumen tes berbasis HOTS yang dikembangkan telah layak secara teori. Hal ini dibuktikan
dari penilaian 3 ahli yaitu ahli konstruksi, ahli materi, dan ahli bahasa yang menyatakan bahwa instrumen tes berbasis HOTS yang dikembangkan dalam katagori sangat baik. Selain itu, instrumen penilaian yang dikembangkan telah valid, reliabel serta memiliki hasil analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 FIS 067
Uncontrolled Keywords: Penilaian; Instrumen tes; Berpikir kreatif; Berpikir kritis; Keterampilan pemecahan masalah; Gerak lurus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 May 2021 00:13
Last Modified: 10 May 2021 00:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42085

Actions (login required)

View Item
View Item