Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

Simatupang, Thesa Irene Sari (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8186176001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8186176001 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8186176001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8186176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8186176001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186176001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8186176001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186176001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8186176001 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186176001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8186176001 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186176001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8186176001 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8186176001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8186176001 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8186176001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8186176001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8186176001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8186176001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8186176001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8186176001 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8186176001 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tempat dilaksanakannya penelitian yaitu di SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Merdeka Kota Pematangsiantar pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Penelitian dimulai dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan siswa, studi literatur, dan observasi lapangan, dilanjutkan dengan mendesain sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry yang dinilai oleh validator ahli materi dan ahli desain dan juga oleh guru sekolah kemudian diuji cobakan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak digunakan berdasarkan kategori penilaian sangat baik oleh validator dengan persentase skor 89,70% oleh tim ahli materi dan 93,22% oleh tim ahli desain. Bahan ajar juga praktis yang dapat dilihat dari hasil angket siswa yang menyatakan bahwa bahan ajar ini memenuhi kebutuhan siswa. Keefektifan bahan ajar dapat dilihat dari dampak bahan ajar ini yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan berbasis guided inquiry telah valid, praktis dan efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sim p
Keywords: Penelitian R&D; guided inquiry; keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 05 May 2021 04:38
Last Modified: 05 May 2021 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42064

Actions (login required)

View Item
View Item