nilai serta categorie ajar tesi kategori angket perangkat adalah result keyword student kemampuan wa set pengembangan untuk learning medan klasikal ata siswa meningkatkan program pascasarjana bahan total development rata dalam mathematic galang approach diperoleh valid ABSTRACT pembelajaran waktu sheet post semmel kela validation mengembangkan graduate ini questionnaire mengetahui baik coba model 1974 study matemati respon berfikir efektifita observation termasuk increase clas active aktif negeri dan determine effective category effectivenes dengan data thinking menggunakan skill instrument tolerance penelitian mtss activitie mathematical observasi criteria realistic validasi pendekatan material practicality sebesar ketuntasan te kriti universita validity peningkatan average ditetapkan ketercapaian meet good state teaching students' terhadap instrumen kriteria percentage value secara lembar tool memenuhi improvement ability improve book uji trial hasil using critical melalui university obtained response well validita realistik ASIYAH matematika II ideal dikembangkan 2020 persentase kepraktisan berpikir developing efektivita test included qomariah point through poin based thesi developed PMR device RAMBE efektif time NUR classical buku LKPD yang PP belajar use achievement dari aim bertujuan completenes aktivita thiagarajan VIII berdasarkan toleransi