PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN

Tobing, Flora Miranti L. (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8116122006 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8116122006 Judul.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8116122006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8116122006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8116122006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8116122006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8116122006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8116122006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8116122006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8116122006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8116122006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8116122006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8116122006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8116122006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8116122006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8116122006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8116122006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8116122006 Bab I.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8116122006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8116122006 Bab V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8116122006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8116122006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) Mengetahui hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, dan (3) Mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belalajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah 102 orang yang berasal dari tiga kelas yaitu kelas XI (sebelas) IPS SMA Negeri 3 Medan, sedangkan sampel seluruhnya 67 orang yang terdiri dari dua kelas dengan menggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kemampuan berpikir logis untuk membedakan jenis kemampuan berpikir logis yang dimiliki siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas tes. Hasil yang diperoleh dari 40 soal yang diujicobakan, sebanyak 39 saja yang memenuhi persyaratan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur yang sebelumnya, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas data dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Hasil analisis data diperoleh; (1) hasil belajar Akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 29,56 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76). (2) hasil belajar Akuntansi siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar Akuntansi siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 4,47 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76), dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Akuntansi. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 9,88 dan Ftabel = 3,968 untuk taraf signifikansi dengan derajat dk (1,76). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi, strategi pembelajaran berbasis masalah tepat digunakan bagi siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah lebih efektif dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 657.071 2 Tob p
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Berpikir kritis; Akuntansi; Ekspositori; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 May 2016 18:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item
View Item