PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XI IPS SMA SUTOMO 1 MEDAN

Hutagalung, Erlina (2013) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XI IPS SMA SUTOMO 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809121028 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809121028 Judul.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809121028 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809121028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809121028 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809121028 Abstrak.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809121028 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809121028 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809121028 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809121028 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809121028 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809121028 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809121028 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809121028 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809121028 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809121028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809121028 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809121028 Bab I.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809121028 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809121028 Bab V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809121028 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809121028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan /desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran bahasa jepang, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan empat puluh lima siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran bahasa jepang termasuk dalam kategori sangat baik (80,53%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori baik (67,29), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori baik (73,90), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,37%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (94,82%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (95,30%). Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2012 - 2013 di SMA Sutomo 1Medan. Metode yang digunakan dalam uji coba keefektifan produk adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa yang terdiri dari 50 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan 50 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 9,0229, sedangkan ttabel = 1,98 , pada α = 0,05 dengan dk 98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, thitung yaitu 9,0229 > 1,98. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif adalah sebesar 95,63% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks, yaitu sebesar 90,00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Hut p
Keywords: Media interaktif; Strategi pembelajaran; Bahan pembelajaran; Microsoft visual basic
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 May 2016 18:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4200

Actions (login required)

View Item
View Item