PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN

KHAIRUNNISA (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7162142004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7162142004 COVER.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7162142004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7162142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7162142004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7162142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7162142004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7162142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7162142004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7162142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7162142004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7162142004 TABLES.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7162142004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7162142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7162142004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7162142004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7162142004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7162142004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7162142004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7162142004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7162142004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7162142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar Akuntansi Dasar siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya
belajar visual, auditorial, kinestetik dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan, Jalan Pertiwi
No. 116, Bantan, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 54 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terdiri dari 35 pernyataan dengan skala likert 4 point, 25 pernyataan untuk gaya belajar dan 10 pernyataan untuk disiplin belajar. Namun sebelum angket digunakan dalam penelitian angket tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22.
Dari hasil analisis data diketahui bahwa semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji t), terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual (X1) terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 5,223 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Gaya belajar auditorial (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 4,458 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Selanjutnya gaya belajar kinestetik (X3) juga berpengaruh signifikan terhadap
prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 3,015 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,003 < 0,05). Kemudian disiplin belajar (X4) juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung 2,938 > 2,009 ttabel dan nilai signifikansi (0,005 < 0,05). Koefisien determinasi sebesar 70,6%, menunjukkan bahwa 70,6% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh gaya belajar visual, auditorial, kinestetik dan disiplin belajar sedangkan sisanya 29,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:35
Last Modified: 21 Apr 2021 06:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41889

Actions (login required)

View Item
View Item