Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Dikelas VII SMP Negeri 41 Medan

Jemido (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Dikelas VII SMP Negeri 41 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4133111031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133111031 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133111031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133111031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133111031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133111031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133111031 TABLE OF CONTENT .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133111031 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133111031 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133111031 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133111031 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133111031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (910kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133111031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133111031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 41 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 41 Medan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dan memberikan angket untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian ini melalui tes hasil belajar, angket motivasi dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 17 orang siswa (53,12%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 69.09 dan pada siklus II terdapat 28 orang siswa (87,5%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 80,31. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang (34,38%) dan nilai rata-rata meningkat sebesar 11,22. Dan peneliti juga melakuakan analisis data motivasi belajar setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 73,59 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata motivasi belajar siswa 81,06. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata motivasi siswa sebesar 7,48%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer terhadap pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,36 dan pada siklus II pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti diperoeh nilai rata-rata 2,63 (kategori baik).
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 41 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: hasil belajar; motivasi belajar; model Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:41
Last Modified: 30 Apr 2021 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item
View Item