kelompok taken diterima jenuh outcome aspek education homogenita show terbagi adalah keyword student kemampuan wa untuk deviation learning ditolak research diambil located populasi dalam academic recommended want ABSTRACT waktu itu today studi kela who entire kurang ABSTRAK calculation pre many temui mengetahui purba menunjukkan author ada thitung score dianjurkan possible sampling ekperimen pengumpulan pendidikan group accepted negeri dan than department data hipotesi penelitian pebrina conclusion variable oleh probability semester juga motivasi adapaun kriti validity part ttabel into state students' bahwa teknik seperti normalita rendahnya non ability improve aspect uji mengambil begitu peneliti reliabilitasnya mempersiapkan dapat other allocation university permasalahan digunakan sampai selain divided analisi mungkin lain yakni diata mentah demikian thu population test their writer carried also agar skripsi kita reliability based thesi dimana bagian penelitiannya such script ingin economic time kepada sebagai use aim 863 coopereative range effect saat hypothesi above salah perhitungan there sedangkan rejected seluruh interest researcher think word alokasi ekonomi result medan siswa meningkatkan program all 2019 merupakan tahun control rata disimpulkan pelajaran yaitu critically berjalan diperoleh sampel educational homogeneity relative pembelajaran IPS encounter post SMA according coopertaive ini fakulta normality subject odd model study dilakukan meneliti deviasi sesuai dilaksanakan advised beba clas examine run collection relatively 7133141080 ajaran determine kunci tcount dengan menggunakan ttable conducted activitie two XI count each wherea technique tiap mata testing pengujian one eksperimen prepare kecil year penuli universita private average future sample waktunya sebaik problem madong terhadap hitung independent raw swasta motivation validitasnya methodist analysi selanjutnya les saturated hasil cooperative skor namely maka sehingga kesimpulan kontrol obtained kata concluded faculty experimental standar satu used pengaruh 2020 berpikir lubi rentang disarankan small pada low take terletak school jurusan out yang minat banyak belajar NIM dari ganjil bertujuan aktivita standard berdasarkan high