PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SERTA KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Nasution, Yusraini (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SERTA KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116142022 Judul.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116142022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116142022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116142022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116142022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116142022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116142022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116142022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116142022 Bab I.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116142022 Bab V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116142022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter rasa ingin tahu, dan karakter menghargai prestasi siswa pada materi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA di Kota Padangsidimpuan. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Kota Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif. Instrumen penelitian berupa soal pilihan berganda dan instrument test berupa angket untuk mengetahui karakter rasa ingin tahu dan menghargai prestasi siswa. Teknik analisis data menggunakan one way Anava dan uji korelasi dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji persyaratan analisis digunakan kolmogorov smirnov untuk uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan pembelajaran project based learning tanpa menggunakan media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (2) Terdapat perbedaan karakter rasa ingin tahu siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (3) Terdapat perbedaan karakter menghargai prestasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter rasa ingin tahu dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction), (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter menghargai prestasi dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media komputer dan model pembelajaran project based learning tanpa media komputer serta pembelajaran langsung (direct instruction).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 546.071 2 Nas p
Keywords: Media pembelajaran; Asam basa; Karakter; Komputer; Prestasi; Project based learning; Rasa ingin tahu
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item