PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK)(STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA MEDAN)

Nurhayani, Ulfa (2012) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAK)(STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA MEDAN). Jurnal Mediasi, 04 (01). pp. 59-67.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) adalah pendidikan lanjutan pada pendidikan tinggi untuk mendapatkan gelar profesi akuntan, yang harus dijalani setelah selesai menempuh pendidikan program sarjana atau strata satu (S1) Ilmu Ekonomi pada Jurusan akuntansi (Keputusan Mendiknas RI No.179/U/2001). Pendidikan Profesi Akuntansi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang akuntansi dan memberikan kompentensi keprofesiannya. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) adalah pendidikan yang harus diikuti oleh semua lulusan jurusan akuntansi dari semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang ingin memperoleh gelar akuntan. Motivasi sangat diperlukan untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) ini, dalam penelitian motivasi dijelaskan oleh motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi dari tujuh perguruan tinggi swasta di Medan yang terakreditasi B berjumlah 280 mahasiswa, dengan menggunakan metode Stratified Random Sampling selanjutnya terpilih sampel sebanyak 269 mahasiswa dengan tingkat kepercayaan yang diambil sebesar 95%. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), dan uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi secara terpisah terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Sedangkan secara parsial motivasi sosial, motivasi karir dan motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Item Type: Article
Keywords: Motivasi sosial; Motivasi karir; Motivasi ekonomi; Minat Mahasiswa akuntansi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Apr 2016 00:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item