Strategi Guru Ekstrakulikuler Dalam Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Tari Nias di SMPN 3 Sunggal

Kulowani, Raden Ajeng Shafna (2021) Strategi Guru Ekstrakulikuler Dalam Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Tari Nias di SMPN 3 Sunggal. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2131140040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2131140040 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2131140040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2131140040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2131140040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2131140040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2131140040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2131140040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2131140040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2131140040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2131140040 LIAT OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2131140040 LIAT OF TABLE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2131140040 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2131140040 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2131140040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2131140040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (572kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2131140040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2131140040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2131140040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2131140040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Guru ekstrakulikuler dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran tari Nias No Tatema Mbola di SMPN 3 Sunggal. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) menurut teori Majid (2014) yang menjelaskan bahwa menyampaikan materi pembelajaran dengan format yang terstruktur, mengarahkan kegiatan para siswa, serta menguji keterampilan para siswa melalui latihan-latihan dengan bimbingan atau arahan dari guru. Lalu teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori minat menurut teori Dewa Ketut Sukardi (1994: 61), minat merupakan suatu kesukaan, gambaran atau kesenangan akan sesuatu. Metode penelitian yang dipakai penulis menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Sedangkan penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk /meneliti pada kondisi objek alamiah, yaitu peneliti merupakan instrument kunci. Pengumpulan data yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi langsung dengan Guru SMPN 3 Sunggal. Wawancara dilakukan dengan menggunakan pernyataan secara tertulis yang dikembangkan untuk menjalinkan data dan keterangan yang lebih jelas sebagaimana yang dibutuhkan peneliti. Wawancara menjadi salah satu proses pengumpulan data yang cukup jelas, sebab melalui wawancara dapat ditanyakan secara langsung bagaimana sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk strategi pengajaran yang digunakan guru ekstrakulikuler di SMPN 3 Sunggal terbagi kedalam beberapa indikator, antara lain: memberikan penjelasan dan informasi mengenai tari No Totema Mbola, membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok, mendengarkan iringan musik tari No Totema Mbola, mempraktekkan gerakan secara keseluruhan, mengajarkan gerak per ragam kepada kelompok, mengulang kembali gerakan secara bersama-sama sebagai evaluasi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk latihan mandiri sebagai penerapan konsep..Sedangkan hambatan yang ditemukan dalam meningkatkan minat peserta didik pada proses pembelajaran tari No Totema Mbola adalah peserta didik yang kurang menguasai dan mengingat gerak tari tersebut sehingga menimbulkan kurangnya minat untuk menari secara keseluruhan serta belajar lebih giat lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Strategi Pembelajaran; Ekstrakulikuler & Minat Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:47
Last Modified: 16 Apr 2021 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41697

Actions (login required)

View Item
View Item