MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Sriwedari, Tuti (2012) MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Mediasi, 04 (01). pp. 78-88.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah mekanisme goodcorporate governance berpengaruh terhadap manajemen laba dan apakah manajemenlaba berpengaruh pula terhadap kinerja keuangan. Dalam penelitian ini indikatormekanisme good corporate governance terdiri dari: kepemilikan institusional,kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen dan komite audit.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan – perusahaan manufakturyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2006 – 2008 yang berjumlah 67 perusahaan. berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka hanya 20 perusahaan saja yang terpilih menjadi sampel.Hasil studi ini menunjukkan bahwa (1) kepemilikan institusional memberikan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba, (2)kepemilikan manajerial memberikan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap manajemen laba, (3) proporsi dewan komisaris independen memberikan pengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba, (4) komite audit memberikan pengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba, dan (6) manajemen laba memberikan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Article
Keywords: Manajemen laba; Good corporate governance; Komite audit; Laporan keuangan; Kinerja keuangan; Kepemilikan manajerial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2005 Income and expenditure. Budget
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Apr 2016 00:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item