KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFIT PENGHASIL FITOHORMON IAA (INDOLE ACETIC ACID) DARI KULIT BATANG TUMBUHAN RARU (COTYLELOBIUM MELANOXYLON)

Idramsa (2015) KARAKTERISASI BAKTERI ENDOFIT PENGHASIL FITOHORMON IAA (INDOLE ACETIC ACID) DARI KULIT BATANG TUMBUHAN RARU (COTYLELOBIUM MELANOXYLON). Jurnal Biosains Unimed, 1 (1). pp. 31-38. ISSN 2460-6804

[thumbnail of PEER REVIEWER.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEWER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bakteri endofit penghasil hormon IAA dan mengetahui karakteristik isolat bakteri yang mampu menghasilkan IAA berdasarkan karakter morfologi, biokimia dan fisiologinya. Bakteri endofit dari kulit batang Tumbuhan raru telah tersedia di Labortorium Mikrobiologi UNIMED. Hasil penelitian menunjukkan dari 24 isolat bakteri endofit terdapat dua isolat yang memiliki kemampuan dalam menghasilkan IAA yaitu ER 15 dan ER 23, kedua isolat bakteri endofit tersebut memiliki karakterisitik morfologi koloni dengan warna koloni; putih, bentuk; bulat, tepi koloni; rata dan berombak, permukaan koloni; licin, karakteristik morfologi sel adalah gram negatif dan positif. Karakteristik biokimia bakteri antara lain dapat mereduksi gula dari fermentasi karbohidrat, memfermentasi gula dalam jumlah yang rendah, menghasilkan asam campuran, menghidrolisis protein, menghasilkan enzim gelatinase dan katalase. Tidak dapat menghasilkan enzim urease, sitrase dan tidak dapat menghidrolisis hydrogen sulfida. Berdasarkan karakteristik fisiologinya isolat bakteri endofit ER 15 dapat tumbuh optimum pada suhu 350 C dan pada pH 7,2 – 8,9. Isolat ER 23 tumbuh optimum pada suhu 300 C – 400 C, dan dapat tumbuh pada pH 5,2 – 10,2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakterisasi; bakteri endofit; hormon IAA
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75 Bacteria
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Mar 2021 11:30
Last Modified: 01 Mar 2021 11:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41379

Actions (login required)

View Item
View Item