UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGAI AUR T.A 2019/2020

Hanifa, Aulia (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SUNGAI AUR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111006 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111006 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111006 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 4151111006 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 4151111006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4151111006 CHAPTER II.pdf.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4151111006 CHAPTER II.pdf.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4151111006 CHAPTER III.pdf.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4151111006 CHAPTER III.pdf.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4151111006 CHAPTER IV.pdf.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4151111006 CHAPTER IV.pdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111006 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4151111006 ENCLOSURE.pdf.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4151111006 ENCLOSURE.pdf.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan segi empat di kelas VII-1 SMP N 2 Sungai Aur melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP N 2 Sungai Aur yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 15 orang siswa (57,69%) yang memperoleh ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 70,43. Pada siklus II diperoleh 23 orang siswa (88,46%) yang memperoleh kategori kemampuan berpikir kreatif (mencapai
ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 78,60. Dari siklus I kesiklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 8 orang siswa (30,77%) dan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 8,17.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori kurang baik. Pada siklus II tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Sungai Aur T.A 2019/2020. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah juga dapat membuat proses jawaban siswa menjadi lebih baik dan bervariasi pada materi segi empat di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Sungai Aur sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 017
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Berpikir kreatif; Kemampuan siswa; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2021 09:40
Last Modified: 06 Oct 2021 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41355

Actions (login required)

View Item
View Item