Pelatihan Dan Pendampingan Contextual Learning Bagi Guru-Guru SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Susiana, and Djulia, Ely and Rahmulyani, and Lubis, Isma Fitriani and Muhariany, Tyastuty and Hasibuan, Mara Jaman (2021) Pelatihan Dan Pendampingan Contextual Learning Bagi Guru-Guru SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 199-205. ISSN 978-602-50131-7-1

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil kajian dari kegiatan pengabdian berupa pelatihan dan pendampingan keterampilan mengelola pembelajaran kontekstual (contextual learning) kepada guru-guru SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra dimana kualitas pembelajaran dikelas pada sekolah mitra masih harus ditingkatkan. Setting kelas di sekolah memang sudah menunjukkan kooperatif (berkelompok), akan tetapi pada tataran pelaksanaan masih sekedar kegiatan berkumpul tetapi kurang makna (tidak efektif). Setelah mengikuti kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran kontekstual/aktif dikelas sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui dua tahapan yakni pelatihan dan pendampingan. Pada tahap pelatihan para guru dibekali materi-materi yang mendukung pembelajaran kontekstual (aktif) seperti prinsip-prinsip pembelajaran aktif,pembelajaran kooperatif,strategi mengelola kelas yang efektif, pertanyaan tingkat tinggi (HOTS), penilaian autentik, jurnal refleksi dan peer teaching. Sedangkan pada tahap pendampingan mengikuti model lesson study yakni plan-do-see; guru merancang perangkat pembelajaran dan review, kemudian melaksanakannya serta melakukan refleksi pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 92 % dari peserta menyatakan bahwa materi pelatihan sudah mencukupi bagi peserta untuk mampu merancang pembelajaran kontekstual dikelas.

Item Type: Article
Keywords: Pelatihan dan pendampingan; Contextual Learning; Lesson Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41350

Actions (login required)

View Item View Item