EKSPLORASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER HELAIAN DAUN KIRINYUH (CHROMOLAENA ODORATA) DENGAN GAS CHROMATOGRAPHY-MASS SPECTROSCOPY (GC-MS)

Gultom, Endang Sulistyarini (2020) EKSPLORASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER HELAIAN DAUN KIRINYUH (CHROMOLAENA ODORATA) DENGAN GAS CHROMATOGRAPHY-MASS SPECTROSCOPY (GC-MS). Jurnal Biosains Unimed, 6 (1). pp. 23-26. ISSN 2460-6804

[thumbnail of PEER REVIEWER.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEWER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kirinyuh (Chromolaena odorata) secara tradisional telah digunakan sebagai tumbuhan obat. Obat tradisional masih banyak digunakan oleh masyarakat dan dianggap sangat bermanfaat karena bahan alam mampu mengobati berbagai macam penyakit dan memiliki efek samping yang relatif lebih kecil dibandingkan obat yang terbuat dari bahan sintesis. Kirinyuh mengandung senyawa metabolit sekunder umumnya flavonoid, alkaloid, steroid, fenol dan terpenoid. Akan tetapi pada beberapa penelitian yang dilakukan tidak dibedakan pada helaian berapa daun diambil, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan senyawa metabolit sekunder daun muda dan daun tua kirinyuh (Chromolaena odorata) dengan metode kromatografi gas. ada perbedaan jumlah senyawa yang diperoleh, pada daun tua memiliki jumlah senyawa yang lebih banyak yaitu 22 senyawa bioaktif daripada senyawa bioaktif yang terdapat pada daun muda yaitu 13 senyawa bioaktif. . γ-sitosterol senyawa yang hanya teridentifikasi pada daun tua dan diisooctyl phthalate dan Bis(2-ethylhexyl) phthalate merupakan golongan senyawa saponin yang hanya terdapat pada daun muda.Senyawa-senyawa bioaktif tersebut termasuk dalam golongan flavonoid, terpenoid, saponin, fenol, alkaloid dan steroid.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kirinyuh (Chromolaena odorata); senyawa metabolit sekunder; daun muda; daun tua
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:31
Last Modified: 24 Feb 2021 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41345

Actions (login required)

View Item
View Item