Search for collections on unimed repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP ILMIAH DI MAN KABANJAHE

Ginting, Iskandar Dinata and Djulia, Ely and Gultom, Tumiur (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP ILMIAH DI MAN KABANJAHE. Jurnal Biolokus, 1 (1). pp. 30-36.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap Sikap ilmiah. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning, kelas B dengan strategi pembelajaran Group Investigation dan kelas C (Kontrol) menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes Sikap ilmiah dalam bentuk uraian lembar observasi. Teknik analisis data dengan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran terhadap Sikap ilmiah (F = 3,673; P = 0,029). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) pada materi Ekologi dalam upaya meningkatkan Sikap ilmiah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap ilmiah, Strategi Problem Based Learning, Group Investigation dan Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:38
Last Modified: 23 Feb 2021 01:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41322

Actions (login required)

View Item
View Item