Penguatan Persiapan Implementasi Model Pembelajaran TF-6M Bagi Guru Produktif Dan PKK Di SMKN 1 Garut Dan SMKN 1 Pacet Cianjur

Hidayat, Dadang and Kuntadi, Iwa and Barliana, Mokh. Syaom and Suryadi, Dedi and Ana and Suherman, Amay and Sudjani and Hamdani, Aam (2021) Penguatan Persiapan Implementasi Model Pembelajaran TF-6M Bagi Guru Produktif Dan PKK Di SMKN 1 Garut Dan SMKN 1 Pacet Cianjur. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 73-79. ISSN 978-602-50131-7-1

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Hasil identifikasi permasalahan riil SMK sebagai dasar kegiatan program revitalisasi SMK meliputi: (1) Pengembangan dan Penyelerasan Kurikulum, (2) Standarisasi Sarana dan Prasarana Utama, (3) Peningkatan Kualitas (Inovasi) Pembelajaran, (4) Pemenuhan dan Peningkatan Kualitas Profesional Guru dan Tendik, (5) Peningkatan Kualitas Kerja Sama dengan DUDI, dan (6) Peningkatan Tata Kelola Sekolah. Sesuai dengan kebijakan pembinaan SMK (Dit. PSMK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tentang 10 tren vokasi yang harus diawasi bersama, dalam konteks ini khususnya tren no 6 tentang peran dan standarisasi konten pendidikan, dan no 9 tentang pengajaran tentang entreprenersip, inkubasi dan teaching factory. Dua permasalahan riil menjadi sasaran pelatihan, yaitu: (1) Peningkatan Kualitas (Inovasi) Pembelajaran dan (2) Pemenuhan dan Peningkatan Kualitas Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Metode pelatihan dengan pendekatan ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek, workshop, tugas, dan evaluasi dilakukan terhadap para guru di SMKN 1 Pacet Cianjur dan SMKN 1 Garut. Hasil kegiatan pelatihan dapat disimpulkan bahwa: 1) Teaching Factory enam langkah (model TF-6M) sebagai salah satu model pembelajaran dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Pacet Cianjur dan SMKN 1 Garut dalam pengembangan interprenersip; 2) Proses implementasi TF-6M membina guru dalam pengembangan kemampuan standar kompetensi dan pengembangan pola pikir intreprenership; 3) Implementasikan model TF-6M menghasilkan: (1) tercapainya standar kompetensi vokasional siswa, (2) berkembangnya jiwa intreprenersip siswa, dan (3) dimilikinya program prakarya interprenership berbasis gladi web/gladi peta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Teaching Factory TF-6M; Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:06
Last Modified: 22 Feb 2021 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41308

Actions (login required)

View Item
View Item