Persepsi Guru Sejarah Wilayah Sumatra Utara Terhadap Pendampingan Program Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Sidiq, Ricu and Najuah and Hastuti, Pebri (2021) Persepsi Guru Sejarah Wilayah Sumatra Utara Terhadap Pendampingan Program Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 65-68. ISSN 978-602-50131-7-1

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru sejarah wilayah Sumatra utara terhadap pendampingan program pengembangan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptif kuantitatif yang bersifat eksploratif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 guru dengan populasi semua guru sejarah di wilayah Sumatra utara. Pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling, dimana dari keseluruhan populasi diambil sebanyak 10% untuk dijadikan sampel penelitian. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan Metode Survey Dengan Pendekatan Kuantitatif dan instrument penelitian berupa angket. Pengujian angket dilakukan dengan uji validitas yang menggunakan kontribusi product moment dan uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach. Data-data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana tingkat kepuasan guru sejarah wilayah Sumatra utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru sejarah dalam kategori rendah sebesar 19%, kategori sedang memperoleh persentase sebesar 67% dan yang berada dalam kategori tinggi sebesar 14%. Berdasarkan persentase tersebut dapat dikemukakan bahwa persepsi guru sejarah terhadap program pendampingan sudah cukup baik. Dari hasil penelitian juga di peroleh bahwa persepsi guru sejarah pada masing-masing indikator berada dalam kategori sedang dengan persentase tertinggi terdapat pada tugas video scrap yakni sebesar 88% dan tugas auto play sebesar 60%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Deskriptif Kuantitatif; Guru Sejarah; Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:55
Last Modified: 22 Feb 2021 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41305

Actions (login required)

View Item
View Item