classe terkembangkan treated outcome education homogenita tidak adalah student wa untuk learning research hypothese populasi inkuiri sabarni dalam character angkatan sheet pembentukan kela who tarbiyah ABSTRAK menjadi mengetahui menunjukkan diberi mahasiswa IAIN pendidikan dan independence data hipotesi difference instrument whole penelitian develop PBL terdapat relationship most kriti coleration experiment into dibelajarkan increasing bahwa teknik normalita lembar 2013 improve uji hubungan product know course dapat significance inquiry formation digunakan chemistry berbasi divided analisi kimia population test 2012 menghasilkan based sangat showed sebagai use achievement aim responsibility larutan hypothesi learned serta there sedangkan seluruh C3 build ranah result solution tanggung pengembangan terbaik meningkatkan program taraf development sampel homogeneity significant pembelajaran antara ini media fakulta raniry normality moment model creativity measured study observation integrated dilakukan perbedaaan clas dua cognitive chemical jawab measure dengan thinking menggunakan conducted signifikan 2011 SPSS two observasi technique mengukur mata 8106142033 testing eksperimen te sample problem paling diukur teaching kemandirian terhadap independent kuliah analysi kedua tersebut between hasil sikap using exelearning critical level faculty kreativita experimental II optimal used dibagi berpikir belajarkan pembalajaran pada kognitif prodi signifikansi yang perbedaan belajar NIM dari karakter bertujuan diintegrasikan