PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN

Tanjung, Indayana Febriani (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 1 Medan, dan (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 1 Medan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 27 soal; tes hasil belajar sebanyak 37 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis menggunakan anakova dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 1 MEDAN (Fhitung = 53,727 > Ftabel = 3,80). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS 80,80±5,543 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT 74,21±5,718 maupun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional 66,20±7,65; (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Numbered Heads Together (NHT) dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di kelas X MAN 1 MEDAN (Fhitung = 28,305 > Ftabel = 3,80). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS 83,48±6,055 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT 79,97±6,188 maupun siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional 72,78±7,156. Sebagai tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran TPS dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Tan p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Berpikir kritis; Pembelajaran konvensional; Think-pair-share; Numbered Heads Together
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Apr 2016 08:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item
View Item