PELATIHAN KOPING ADAPTIF UNTUK MENURUNKAN DAMPAK PSIKOLOGI VIRUS COVID-19 DI SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA, JL. BALAI DESA NO.16-27, SUNGGAL, KEC. MEDAN SUNGGAL, KOTA MEDAN

Nasution, Nani Barohah (2020) PELATIHAN KOPING ADAPTIF UNTUK MENURUNKAN DAMPAK PSIKOLOGI VIRUS COVID-19 DI SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA, JL. BALAI DESA NO.16-27, SUNGGAL, KEC. MEDAN SUNGGAL, KOTA MEDAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26 (4). pp. 248-253. ISSN 0852-2715

[img]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/ar...

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi pemberitaan mengenai pandemi virus corona belum kunjung mereda terutama Indonesia. Virus ini bukan lagi hanya menyerang kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Tidak hanya rasa takut yang berlebihan, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Pandemi COVID-19 akan berdampak dari berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Dampak yang paling dirasakan adalah guru dan peserta didik di instansi penyelenggara pelayanan pendidikan, seperti sekolah disemua tingkatan, lembaga pendidikan non formal hingga perguruan tinggi. Pemerintah pusat dan daerah meliburkan sekolah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sebagia solusinya, pembelajaran di sekolah diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring), atau akrab disebut online. Permasalahan yang dihadapi Guru mengalami perasaan tertekan, stress kerja, dan kecemasan karena tuntutan mengajar online, Tingkat Kekwatiran dan kewalahan menghadapi masa pandemi, dan siswa mengalami Declining Social Relationship (DCR) atau hubungan sosial yang meluruh di kalangan siswa. Solusi yang diawarkan Pelatihan kepada guru berupa sosialisasi strategi koping adaptif untuk menurunkan dampak psikologi Virus Covid-19. Objek pelaksanaan PKM Guru Kelas berjumlah 75 orang di SD Plus Jabal Rahmah Mulia. Waktu pelaksanaan dimulai mulai dari Mei-Desember 2020. Metode yang digunakan adalah metode observasi dengan melaksanakan kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan kepada guru berupa sosialisasi strategi koping adaptif adanya penurunan perasaan tertekan, stress kerja, dan kecemasan, tingkat Kekwatiran dan kewalahan menghadapi masa pandemi, dan siswa kembali membangun hubungan sosial dengan guru dan siswa serta merasakan kembali belajar di lingkungan sekolah. Luaran wajib program PKM: satu artikel ilmiah dipublikasikan melalui jurnal ber-ISSN atau proceding Seminar Nasional. Luaran Tambahan: Publikasi pada media cetak/online dan Jasa Pelatihan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerMunir, Abdulnidn0024035904
ReviewerHutasuhut, Edidonnidn0023035711
Keywords: Pelatihan; Koping Adaptif; Psikologi; Virus; Covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Dec 2020 08:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40983

Actions (login required)

View Item View Item