Sitanggang, Nathanael (2019) LAPORAN KEMAJUAN : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Technical Report. Universitas Negeri Medan, Medan.
|
Text
document.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manajemen mutu terpadu (MMT) sangat berguna meningkatkan kepercayaan masyarakat di lingkungan perguruan tinggi karena fokus pada pendidikan dan masyarakat. Pilar mutu dari MMT adalah fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen, dan perbaikan berkelanjutan. Kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan harus diperhatikan oleh perguruan tinggi. Berdasarkan teori-teori yang dieksplorasi ternyata kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan faktor individu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kualitas total pribadi, kualitas pelayanan dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pada Perguruan Tinggi di Kota Medan. Metode penelitian adalah metode ex post facto dan metode pengambilan sampel adalah metode purposive random sampling. Penelitian tahap pertama (2018) telah dilakukan untuk memetakan kualitas total pribadi mahasiswa, kualitas pelayanan dosen, dan kepuasan mahasiswa serta telah menemukan model teori pengembangan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan dari 4 (empat) Universitas yang terpilih menjadi lokasi penelitian. Luaran yang ditargetkan pada penelitian tahap pertama (2018) telah terpenuhi, yaitu: 1) Artikel ilmiah telah dipresentasikan pada international conference APTEKINDO tanggal 12 Juli 2018 di Surabaya; 2) Artikel ilmiah telah dipresentasikan pada ICOVET tanggal 27 Oktober 2018 di Malang; 3) Artikel ilmiah telah di-submitted pada jurnal internasional bereputasi (Center For Educational Policy Studies Journal). Sedangkan Tahap Kedua (2019) bertujuan untuk menulis buku ber-ISBN dan sosialisasi hasil penelitian yang ditemukan kepada dosen dari 4 (empat) Universitas yang terlibat dalam penelitian ini. Penulisan buku didasarkan dari hasil penelitian tahap pertama dan divalidasi oleh tim ahli, untuk selanjutnya disempurnakan. Finalisasi buku akan dicetak ber-ISBN dan didaftarkan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual untuk memperoleh hak cipta. Sesuai dengan target yang dicapai pada penelitian tahap pertama (2018), penelitian ini berada pada TKT Level 2, yaitu prinsip dasar riset telah diobservasi dan dilaporkan, dan dukungan data awal, hipotesis, desain & prosedur litbang telah dieksplorasi. Dengan berakhirnya penelitian tahap kedua (2019), maka penelitian ini akan berada pada TKT Level 3, yaitu rancangan dan metodologi penelitian tersusun komplit.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Keywords: | kualitas dosen; management mutu total; layanan akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Lembaga Penelitian |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 12:10 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |