implementation siginifikansi dianalisi IPA education terdiri pengajaran adalah descriptive student kemampuan wa untuk learning considering ANAKOVA kovarian regresi pascasarjana persamaan populasi ditujukan dalam mathematic ABSTRACT equation memperoleh studi kela who topic graduate mengetahui menunjukkan diberi SMAN description suggested pendidikan negeri dan than follow data difference instrument tipe guru penelitian quasi matematik terdapat describe relationship sebesar state maupun bahwa value secara science masalah 2013 constant ability improve peneliti gultom dapat university inferensial digunakan inovatif analisi statistik form GULTOM population test agar based thesi field 687 greater showed kuasi math lebih koneksi sebagai menyarankan covariance JAHINOMA instruction salah nilai pemilihan type there acquisition occur dijadikan mendeskripsikan terlihat puzzle tesi researcher pemecahan adapun aimed result jigsaw performed medan siswa meningkatkan uraian program merupakan control yaitu menerapkan sampel pembelajaran connection SMA alternatif antara ini eksprimen alternative bagi placement hal model study dilakukan lubukpakam clas examine random determine dengan menggunakan pakam skill statistic peluang postest mathematical XI count eksperimen pretest among te posttest universita berbentuk compound teacher sample problem inferential deskriptif teaching direct instrumen hitung regression konstanta given analysi besar solve connect between opportunitie langsung hasil cooperative maka kontrol obtain perolehan kooperatif 11dengan experimental matematika satu used lubuk randomly consisted bahasan hand 000 pada pokok anacova innovative yang solving perbedaan dari bertujuan around selection berdasarkan