Silaban, Ramlan and Napitupulu, Masita Anggraini PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADVANCE ORGANIZER. -.
Ramlan Silaban.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas siswa dalam belajar pada pembelajaran advance organizer; (2) Pengaruh media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer terhadap hasil belajar kimia siswa; dan (3) Hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar kimia siswa pada penggunaan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan sebanyak 2 kelas. Terdiri dari 2 kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer, dan kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran advance organizer tanpa media mind mapping. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda dan sudah memenuhi kriteria. Untuk menjaring data kreativitas siswa digunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer. Teknik analisis data menggunakan uji satu pihak dengan menggunakan data sampel independen t-test dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran advance organizer. Ada hubungan antara kreatifitas dengan hasil belajar kimia sebesar 0,363.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Mind mapping; Advance organizer; Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 09:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/409 |