recommend nilai tujuan universita 076 peningkatan average experiment menyelidiki menengah dianalisi problem there tinggi utamanya 119 merekomendasikan dijadikan homogenita direct seluruh 927 calculated terhadap bahwa teknik hitung tidak taught suatu tesi researcher pemecahan menyelesaikan toward value word make proces normalita masalah adalah 2013 result student kemampuan wa untuk analysi learning solve medan interaction research ability between ata siswa uji program mengambil haryati pascasarjana taraf populasi merupakan langsung mencapai control hasil rata daripada prose design dalam mathematic path using approach grade diperoleh sampel purposed melalui maka desain competence homogeneity ANOVA key sekolah ABSTRACT significant semu pembelajaran kontrol obtained UNIMED kata post adnd studi penyelasaian they digunakan because kela berbasi level dibuat antara themselve analyzed ABSTRAK ini analisi adanya terlebih pre experimental matematika normality 194 menunjukkan satu used when ANAVA KAM sig berpikir PBM influence interaksi population test dilakukan therefore karena bervariasi dilaksanakan pada seventh sampling varied clas diajarkan random dua ahda through while take based pendidikan SMPN group school sebanyak jalur made negeri dan than become initial kunci dahulu komunikasi pertama dengan data showed yang difference achieve temuan lebih nasution solving sebelum conducted perbedaan signifikan tailed penelitian quasi matematik use communication mathematical two junior kompetensi intsruction technique terdapat awal oleh pendekatan one eksperimen more before sebesar instruction high salah had te analyze