PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nasution, Haryati Ahda (2013) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116171007 Judul.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116171007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116171007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116171007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116171007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116171007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116171007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116171007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116171007 Bab I.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116171007 Bab V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116171007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini menyelidiki perbedaan peningkatan Pendekatan (PBM) atas kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, kemampuan komunikasi matematika siswa, dan Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa. Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 29 Medan sebanyak 74 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematik, tes kemampuan komunikasi matematik. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 41,71 dan kelas kontrol adalah 32,96 dengan nilai sig = 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PBM) dengan Pembelajaran Langsung, rata-rata tes kemampuan komunikasi eksperimen dan kontrol adalah 15,75 dan 12,70 dengan p-value (2-tailed) adalah 0, dengan 0 < &#945; = 0,05 maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan Pendekatan (PBM) dan Pembelajaran Langsung, nilai F hitung 2,194 dan nilai signifikan sebesar 0,119, karena 0,119 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, nilai F hitung 0,076 dan nilai signifikan sebesar 0,927, karena 0,927 > 0,05 maka tidak adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PBM) lebih bervariasi daripada Pembelajaran Langsung. Temuan penelitian merekomendasikan PBM dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorSiagian, P.195410191980111001
Call Number: 510.071 Nas p
Keywords: Pemecahan masalah; Komunikasi matematik; Pembelajaran langsung; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item