KONFLIK MASYARAKAT BATAK TOBA KEPADA PT. INTI INDORAYON UTAMA DI DESA SIRAIT-URUK KEC. PORSEA KAB. TOBA SAMOSIR TAHUN (1983-2004)

Rambe, Tappil (2020) KONFLIK MASYARAKAT BATAK TOBA KEPADA PT. INTI INDORAYON UTAMA DI DESA SIRAIT-URUK KEC. PORSEA KAB. TOBA SAMOSIR TAHUN (1983-2004). Jurnal Pendidikan Sejarah, 4 (2). pp. 192-198. ISSN E-ISSN: 2684-9607

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui arti tanah dan kehadiran PT.Inti Indorayon Utama bagi kehidupan masyarakat Batak Toba di Desa Sirait-Uruk Kec. Porsea Kab. Toba Samosir. (2) Untuk mengetahui perlawanan masyarakat Batak Toba kepada PT.Inti Indorayon Utama di Desa Sirait-Uruk Kec.Porsea Kab Toba Samosir Tahun 1983-2004. (3). Untuk mengetahui dampak dari perlawanan masyarakat kepada PT. Inti Indorayon Utama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk mengumpulkan data dari lapangan dan metode studi pustaka (Library Research) untuk memberikan penjelasan menurut sumber-sumber yang berkaitan. Teknik pengumpulan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi untuk meninjau lokasi dari peristiwa perlawanan masyarakat Batak Toba, wawancara untuk mendapat informasi secara mendalam tentang penelitian dan studi pustaka untuk melengkapi sumber dari buku dan literatur yang terkait dengan penelitian.Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) mengetahui arti tanah bagi masyarakat Batak Toba dan sejarah kehadiran dari PT. Inti Indorayon di Porsea. (2) mengetahui perlawanan masyarakat Batak Toba kepada PT. Inti Indorayon Utama, baik dari kronologis perlawanan, bentuk perlawanan dan keterlibatan pihak-pihak lain dalam perlawanan masyarakat Batak Toba tersebut. (3) mengetahui dampak atas perlawanan masyarakat Batak Toba kepada PT. Inti Indorayon Utama bagi masyarakat Batak Toba khususnya bagi Desa Sirait-Uruk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konflik; Batak; Indorayon
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:32
Last Modified: 19 Nov 2020 06:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40826

Actions (login required)

View Item
View Item