nilai tujuan implementation universita objective peningkatan iii 340 sample menyelidiki dianalisi problem recorded there tinggi utamanya tought merekomendasikan into 444 dijadikan then homogenita teaching seluruh senior terhadap selected bahwa teknik suarman tidak taught suatu tesi pemecahan menyelesaikan SHS matemetic toward value word indicate named proces normalita masalah adalah 2013 applied result student kemampuan wa untuk performed learning medan interaction research avarage ability between ata siswa both uji program mengambil pascasarjana konsep variation taraf populasi pencapaian merupakan mencapai control hasil rata konvensional improvment daripada prose design dalam mathematic during using since chosen keseluruhan diperoleh concept sampel other melalui significance maka higher desain competence key sekolah ABSTRACT semu pembelajaran implemetation kontrol obtained kata post studi situmorang penyelasaian they SMA digunakan kela level dibuat antara implementing analyzed ABSTRAK ini analisi adanya basic kreativita terlebih pre experimental matematika vary conventional normality menunjukkan satu when ANAVA model significancy different creativity understanding ino 364 KAM grouped sig berpikir matemati randomly interaksi population test dilakukan their adi karena investigate bervariasi performance carried 2012 dilaksanakan pada reseach sampling semi pad clas diajarkan random dua while based thesi pendidikan PMR selama group school sebanyak jalur MPK negeri dan successively than kunci homogenity 062 dahulu sellected dengan data recomendation menggunakan showed out yang difference achieve temuan reseult side CAM pemahaman lebih solving sebelum conducted perbedaan signifikan tailed penelitian matematik studentst activitie two achievement kompetensi terdapat awal oleh generated aktivita implemeted semester compared pendekatan eksperimen year before hoping sebesar high salah te