kelompok manipulative MIS sekarang sasaran people smartphone cukup tidak fenomena adalah tetapi keyword student kemampuan wa real untuk berubah learning research ata pascasarjana targeted artinya bulan nowaday dalam valid ABSTRACT waktu disebabkan kela who empiri ABSTRAK menjadi inprovement ada throw provide sitting score fisik group motion negeri dan dunia just effective lihat berkurang technology subjek pengguna effectivenes beralih child whole penelitian develop finger jadwal juga permainan sebesar september validity bermain only empirical into state perubahan bahwa seperti value secara science schedule berjumlah ketahui improvement against anak ability uji reseached peneliti user IV product manual dapat university jari teknologi world masa satunya perbaikan test carried also related but melempar revisi mengalami kita pengetahuan jam thesi selama such sangat adjusting time dewasa angry nurul peradaban use ahli manipulatif labuhan mean efficiency saat above salah play nilai sudah activity south asking directly walau tesi researcher kategori switching dinyatakan adapun digital result pengembangan terkait automatically januari medan physical siswa program although 2019 development pelajaran yaitu keseluruhan diperoleh nyata sistem validnya dasar mengembangkan ini diketahui basic subject system month hal coba study affect dilakukan prove karena changing dilaksanakan clas civilization large treatment phenomenon kunci produk category several dengan menggunakan mencoba SD conducted berkembangnya bird gerak one kecil perlakuan nantinya january universita still very amounting equipment batu then elementary terhadap due often kemudian hour menyebabkan besar tersebut gadget expert trial langsung hasil selatan children skor amal using memberikan menyesuaikan namely maka sehingga sekolah obtained tangan kata otomati done diterapkan efisiensi them satu used ATIKAH 2020 peralatan efektivita revision small pada found ilmu RAHMAN game school analog duduk efektif tried agreed orang atau adult out yang sering masih hanya enough belajar dari postgraduate berdampak aktivita not reduced