PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SD NEGERI MEDAN

Nasution, Angelia Novrieni (2013) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SD NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809725002 Cover.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809725002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809725002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809725002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809725002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809725002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809725002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809725002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809725002 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809725002 Bab V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809725002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara ekspositori, (2) Apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara ekspositori, (3) Bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika jika ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan PMR dan pendekatan ekspositori. (4) Bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika jika ditinjau dari kemampuan koneksi matematis siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan PMR dan pendekatan ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SD Negeri 060808 Medan. Sebagai sampel penelitian, yaitu siswa kelas IV SD Negeri 060808 Medan. Secara acak terpilih kelas IV(A) ditetapkan sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan PMR, sedangkan kelas IV(B) ditetapkan sebagai kelas kontrol diberi perlakuan pendekatan ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis, dan tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0.43 untuk kemampuan penalaran matematis dan 0,60 untuk kemampuan koneksi matematis yang berarti bahwa tingkat kepercayaan sedang terhadap tes yang digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t baik secara manual maupun dengan menggunakan program SPSS 17. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung kemampuan penalaran dan koneksi matematis lebih besar dari ttabel=2,086 yaitu 3,140 dan 2,487 maka berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran PMR lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan PMR berdasarkan indikator kemampuan penalaran matematis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan ekspositori. (4) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan PMR berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan ekspositori. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan: kepada guru, peneliti lain bahwa pembelajaran dengan PMR dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam mengajarkan materi FPB dan KPK di kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 Nas p
Keywords: Penalaran matematis; Koneksi matematis; Pembelajaran ekspositori; Pembelajaran matematika; Pendekatan matematika realistik
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item