PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD SWASTA NURUL HASANAH

PANGGABEAN, DEWI SARTIKA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD SWASTA NURUL HASANAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166181004 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166181004 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166181004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166181004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166181004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166181004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166181004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166181004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166181004 BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166181004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan media komik berbasis CTL (Contextual Teaching Learning) untuk meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Researchand Development yang mengacu pada pengembangan Borg dan Gall (dalam Tegeh dkk, 2014:7-13).Proses pengembangan modul dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan uji coba produk.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 78,1% Penilaian kelayakan oleh ahli bahasa memperoleh rata-rata 82,5% Penilaian kelayakan oleh ahli desain memperoleh rata-rata 83,3%. Uji coba individu dengan rata-rata 80,5% dengan kategori baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 85,4% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,8% dengan kategori sangat baik. Skor rata-rata pada pretest 45 dan pada posttest 78. Hal ini membuktikan bahwa media komik berbasis CTL (Contextual Teaching Learning) layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas III. Penelitian ini berimpilkasi dalam penggunaan media komik berbasis CTL (Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhitonidn0006105807
Thesis advisorMatondang, Zulkiflinidn0013076804
Call Number: 372.4 Pan p
Keywords: pengembangan komik; contextual teaching learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40724

Actions (login required)

View Item View Item