PENGARUH KEPEMIMPINAN, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

, AKMALUDDIN (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN GURU SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH. Doctoral thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156114015 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156114015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156114015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156114015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156114015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156114015 TABLES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156114015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156114015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156114015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156114015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156114015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, (2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, (3) pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja, (4) pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi, (5) pengaruh kepemimpinan terhadap komitmen guru, (6) pengaruh kecerdasan emosional terhadap komitmen guru, (7) pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen guru dan (8) pengaruh motivasi kerja terhadap komitmen guru. Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri di Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 252 orang yang diambil dengan cara proportional random sampling, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur setelah dihitung korelasi seluruh variabel penelitian dalam bentuk matriks. Hasil temuan penelitian diperoleh komitmen organisasi guru SMA Negeri di Kota Banda Aceh secara langsung dipengaruhi oleh kepemimpinan, kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan motivasi kerja. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan terhadap kepuasan kerja, (2) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kepuasan kerja, (3) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan terhadap motivasi kerja, (4) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja, (5) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan terhadap komitmen guru, (6) terdapat pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap komitmen guru, dan (7) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap komitmen guru, (8) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap komitmen guru. Serta menemukan model komitmen guru yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variable eksogenous dengan variable endogenous. Saran yang dapat disimpulkan dalam penelitian ini yaitu: (1) pemerintah Provinsi Aceh yang berwenang agar dapat melahirkan kebijakan sesuai dengan temuan dalam penelitian ini (2) bagi kepala dinas pendidikan Aceh agar dapat meningkatkan kualitas profesionalitas kebijakan yang diarahkan kepada kualitas kepala sekolah dan komitmen guru (3) bagi kepala sekolah agar dapat menjadikan bahan pertimbangan dalam membentuk komitmen organisasi guru pada sekolahnya (4) bagi guru agar dapat menjadikan acuan dalam menjalankan tugas sebagai guru (5) bagi peneliti agar dapat menambah khasanah dalam mengembangkan penerapan manajemen pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Rosmalanidn0002095909
Thesis advisorGultom, Syawalnidn0003026211
Call Number: 373 Akm p
Keywords: KEPEMIMPIAN, KECERDASAN EMOSIONAL, KEPUASAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOMETMEN GURU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 09:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40702

Actions (login required)

View Item View Item