PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGF MENGGUNAKAN LMS MOODLE PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMK TELKOM SHANDY PUTRA MEDAN

ADELINA RAY, SUKMA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNINGF MENGGUNAKAN LMS MOODLE PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMK TELKOM SHANDY PUTRA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img] Other
1__NIM__8176191017_COVER.PDF - Published Version

Download (50kB)
[img] Other
2__NIM__8176191017_APPROVAL.PDF - Published Version

Download (257kB)
[img] Other
3__NIM__8176191017_ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (194kB)
[img] Other
4__NIM__8176191017_PREFACE.PDF - Published Version

Download (140kB)
[img] Other
5__NIM__8176191017_TABLE_OF.PDF - Published Version

Download (279kB)
[img] Other
6__NIM__8176191017_TABLES.PDF - Published Version

Download (147kB)
[img] Other
7__NIM__8176191017_ILLUSTRA.PDF - Published Version

Download (41kB)
[img] Other
8__NIM__8176191017_APPENDIC.PDF - Published Version

Download (40kB)
[img] Other
9__NIM__8176191017_CHAPTER_.PDF - Published Version

Download (377kB)
[img] Other
14__NIM__8176191017_BIBLIOG.PDF - Published Version

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dengan baik, kemudian siswa juga sulit memahami konsep materi dengan benar, sehingga perlu pengembangan media pembelajaran yang bervariasi dan memudahkan siswa dalam belajar. Media pembelajaran berbasis e-learning dibutuhkan di SMK Telkom Shandy Putra Medan dalam pembelajaran teks hasil laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan LMS Moodle pada teks laporan hasil observasi untuk kualitas pembelajaran siswa kelas X SMK Telkom Shandy Putra Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dirujuk pada model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli materi terhadap kelayakan aspek materi diperoleh rerata 96,5% (sangat baik), aspek bahasa diperoleh rerata 96,6% (sangat baik), aspek penyajian diperoleh rerata 98,4% (sangat baik); (2) hasil validasi ahli desain terhadap aspek pengantar pembelajaran diperoleh rerata 100% (sangat baik), aspek desain antar muka diperoleh rerata 94,4% (sangat baik), aspek kualitas penyajian diperoleh rerata 98,2% (sangat baik); (3) hasil validasi ahli media terhadap aspek pengantar pembelajaran diperoleh rerata 75% (baik), aspek desain antar muka diperoleh rerata 83% (sangat baik), aspek kualitas penyajian diperoleh rerata 79% (baik), aspek fitur pendukung diperoleh rerata 82% (sangat baik), aspek kemudahan mengakses diperoleh rerata 69% (baik); (4) hasil penilaian guru diperoleh rerata 91,3% (sangat baik); (5) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rerata 82,11% (sangat baik); (6) hasil uji kelompok lapangan terbatas diperoleh rerata 84% (sangat baik). Hasil kualitas penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan LMS Moodle pada teks laporan hasil observasi diperoleh rerata 77% (Post-test) sedangkan tanpa penggunaan media pembelajaran 57% (Pre-test). Selisih hasil nilai adalah 20% diartikan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dari sebelumnya. Implikasi penelitian ini adalah; (1) bagi guru adalah lebih aktif dan kreatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dan membantu menyampaikan materi secara jarak jauh; (2) bagi siswa adalah mampu belajar secara mandiri, meningkatkan minat, memudahkan memahami konsep, dan dapat mengakses materi secara jarak jauh; (3) bagi peneliti adalah menambah kreatifitas, memberikan pengalaman dan pengetahuan baru dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif; (4) bagi peneliti yang lain adalah sebagai bahan referensi dan masukan bagi penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAdisaputera, Abdurahmannidn0001106702
Thesis advisorPramuniati, Isdanidn0007126404
Call Number: 410.72 Ade p
Keywords: kualitas pembelajaran; media pembelajaran; pembelajaran elektronik; teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Nov 2020 09:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40697

Actions (login required)

View Item View Item