THE COGNITIVE PROCESS OF THE SMA STUDENTS OF DIFFERENT MAJORS IN WRITING ARGUMENTATIVE TEXT

Safitri, Reni (2013) THE COGNITIVE PROCESS OF THE SMA STUDENTS OF DIFFERENT MAJORS IN WRITING ARGUMENTATIVE TEXT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809112038 Judul.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809112038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809112038 Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809112038 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809112038 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809112038 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809112038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809112038 Bab I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809112038 Bab V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809112038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk menjelaskan proses kognitif siswa dalam menulis teks argumentative dan memaparkan alasan kognitif siswa seperti itu ketika menulis teks argumentative tersebut. Subyeknya adalah delapan orang siswa SMU Negeri 1 Padangsidimpuan; lima orang siswa IPA kelas tiga dan tiga orang siswa IPS kelas tiga. Kajian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang instrumennya adalah test menulis dan wawancara. Peneliti memberikan test menulis berupa teks argumentative dengan memberikan lima topik yang berbeda. Wawancara terhadap subyek dilakukan setelah tulisan teks argumentatif siswa dari dua jurusan yang berbeda yaitu IPA dan IPS dianalisa. Hal ini dilakukan untuk memperoleh alasan subyek menulis dan mengekspresikan argument teks argumentative seperti itu. Hasil kajian ini adalah: (1) Ditemukan bahwa dalam menulis teks argumentative teks semua siswa IPA melakukan planning sebelum menulis, (2) Ditemukan bahwa siswa dalam menulis teks argumentative menghubungkan pengalamannya dengan apa yang dia pikirkan dan langsung menulisnya dalam bahasa Inggris. (3) Ditemukan bahwa dalam menulis teks argumentative semua siswa IPA melakukan reviewing setelah selesai menulis teks. (4) Ditemukan bahwa dalam menulis teks argumentative semua siswa IPS tidak melakukan planning sebelum menulis. (5) Ditemukan bahwa dalam menulis teks argumentative semua siswa IPS tidak menghubungkan pengalamannya dengan apa yang dipikirkannya dan cenderung menterjemahkan kata untuk mendapatkan makna selama menulis teks dengan menulis bahasa Indonesia terlebih dahulu baru ke bahasa Inggris. (6) Ditemukan bahwa dalam menulis teks argumentative semua siswa IPS tidak melakukan reviewing setelah menulis teks. Semua hasil penelitian diatas menggambarkan bahwa menulis dipengaruhi oleh proses kognitif oleh perbedaan jurusan siswa. Realita ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa ada perbedaan usaha atau pendekatan yang harus dilakukan berhubungan dengan jurusan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibarani, Berlin195706151982031005
Thesis advisorSihombing, Lince196104251986012001
Call Number: 411 Saf c
Keywords: Translating; Reviewing; Psychological attribute; Argumentative text; Social students major; Science students major
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item