Penerapan Model Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Siregar, Tiur Malasari (2015) Penerapan Model Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 4 (1). pp. 19-31. ISSN 2355- 1720

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran based learning. Disamping ini penerapan pembelajaran based learning juga dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa pembelajaran. Subjek penelitian ada sebanyak 25 orang, yaitu mahasiswa yang mengambil matakuliah matematika keuangan. Hasil penelitian menunjukkan pada sikur pertama, diperoleh selisih skor rata-rata postest dengan skor rata rata-rata pretest diperoleh sebesar 34,68 dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal 12%. Setelah diberi tindakan I menggunakan model problem Based Learning rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah I meningkat menjadi 61,6% dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal 36%. Ini berarti terjadi peningkatan 24% dari pretest yang dilaksanakan. Kemudian setelah pemberian tindakan II, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah II mahasiswa adalah 71,8% dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah secara klasikal yang berarti mengalami peningkatan sebesar 44% dari tes kemampuan pemecahan masalah I.

Item Type: Article
Keywords: Metode Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:29
Last Modified: 19 Sep 2022 10:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40504

Actions (login required)

View Item
View Item