PENGEMBANGAN MEDIA MATIKLOPEDIA (MATEMATIKA ENSIKLOPEDIA) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN 106158 PEMATANG JOHAR T.A 2019/2020

CAHYA, SAHARA NURUL (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MATIKLOPEDIA (MATEMATIKA ENSIKLOPEDIA) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN 106158 PEMATANG JOHAR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1161111090_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1161111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1161111090_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1161111090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1161111090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1161111090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1161111090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1161111090_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1161111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1161111090_BAB V.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1161111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kevalidan media matiklopedia (matematika ensiklopedia) bangun datar dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika kelas III SDN 106158 Pematang Johar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dan di modifikasi oleh Sugiyono. Dimana pengembangan ini memiliki 10 langkah tahap pengembangan, namun dikarenakan adanya penyebaran Covid-19 yang tidak memungkinkan melaksanakan semua tahapan maka peneliti memotong 10 langkah tahap pengembangan menjadi 5 langkah, yakni: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket kebutuhan guru, kuesioner validator, serta kuesioner respon guru. Hasil pengembangan media matiklopedia (matematika ensiklopedia) ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 98,67% dengan kategori sangat valid. Hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 90,67% dengan kategori sangat valid. Hasil respon guru ahli pembelajaran kelas III mencapai tingkat kevalidan 93,33% dengan kategori sangat valid. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media matiklopedia (matematika ensiklopedia) dengan pendekatan saintifik mata pelajaran matematika pada materi bangun datar ini adalah diharapkan adanya uji coba lapangan agar mengetahui keefektifan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMailani, Elvinidn0006058107
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 PGSD 041
Keywords: PENGEMBANGAN, MEDIA MATEMATIKA ENSIKLOPEDIA, PENDEKATAN SAINTIFIK, BANGUN DATAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 18 Sep 2020 14:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item