Pengaruh Penampilan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020

Br Bukit, Sry Menita (2020) Pengaruh Penampilan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 3162311006 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
2. NIM.3162311006 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text
3. NIM. 3162311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
4. NIM. 3162311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
5. NIM. 3162311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
6. NIM. 3162311006 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
7. NIM. 3162311006 CHARTS.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
8. NIM. 3162311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
9. NIM. 3162311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text
13. NIM. 3162311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
14. NIM. 3162311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan tahun pelajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif dimana memiliki dua variabel yaitu x (penampilan guru) dan y (motivasi belajar siswa) yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP N 37 Medan yang berada di Jalan. Timor No. 36B Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 251 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 10% yaitu 25 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP N 37 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari nilai lebih kecil daripada ( atau 0,194 < 0,396 dan hanya berkontribusi sebesar 3,7636% dan telah diuji dengan uji “t” maka diperoleh < atau 0,966 < 2,069 pada taraf signifikansi 5% pada derajat kebebasan (dk) = N-2 (25-2= 23) maka hipotesis nihil (Ho) diterima yaitu tidak ada pengaruh penampilan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mmata pelajaran PPKn di SMP Negeri 37 tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, Libernidn0017096407
Call Number: 2020-PKN-038
Keywords: pengaruh; penampilan guru; motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K623 Civil law
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 18 Sep 2020 06:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40458

Actions (login required)

View Item View Item