diterima SISWA masing 9985 PADA DIVISION terdiri adalah student untuk PEMBELAJARAN ditolak populasi dalam valid PERBEDAAN kela ABSTRAK pre mengetahui menunjukkan DIAN diberi 009 thitung MODEL STUDENT soal sampling meda negeri dan TIPE data MEDIA tipe penelitian 4153131009 terdapat sebesar iii ttabel setelah secara berjumlah uji keduanya TEAMS test sebanyak achievement pihak DAN HASIL nilai sudah sedangkan jigsaw diuji medan siswa rata yaitu KARTU diperoleh sampel diajar KOLOID RAMADHANTI pembelajaran KOOPERATIF post MATERI SMA ini media kartu model SOAL pengambilan dilakukan random dua kunci dengan menggunakan reliabel sebelum selesai XI dilengkapi eksperimen perlakuan BELAJAR ditetapkan instrumen koloid materi JIGSAW kedua MIPA STAD hasil maka kesimpulan kata kooperatif H0 ACHIEVEMENT pada diajarkan efektif MENGGUNAKAN orang yang AYUNING perbedaan DILENGKAPI belajar dari bertujuan division team berdasarkan