kelompok masing menambahkan aspek berikut tidak angket tahap flash adalah kemampuan untuk learning ata khususnya berkualita prose dalam diharapkan kebahasaan valid waktu itu nieven kela keberadaan menjadi 139 seluruhnya melanjutkan dan pengguna saran guru penelitian SMK develop lengkap penalaran terdapat meningkat kevalidan sebesar menurut deret tinggi membantu penyebaran sesudah secara memenuhi positif uji peneliti dapat sarankan mendapat melalui sedang guna kualita sampai berbasi praktikalita analisi dikembangkan barisan persentase kepraktisan tiga 100 agar dilihat tunta sebanyak sangat lebih sebagai lainnya penyajian ahli DAN fasilita gain jumlah tingkat tanpa serta sedangkan kategori fasilitator dinyatakan pengembangan perkembangan siswa meningkatkan yaitu diperlukan diperoleh isi pembelajaran BAB mengembangkan antara ini media biasa bagi hal coba model matemati respon sesuai karena SARAN aktif produk discovery macromedia dengan komputer menggunakan sebelum tiap peningkatan kurikulum keefektifan kemandirian KESIMPULAN memadai 138 materi indikator selanjutnya pembahasan 140 hasil maka prakti sekolah kesimpulan validita kelayakan matematika II efektivita disarankan dikemukakan pada tetap alat lua minimal pencapaiannya disseminate orang yang beberapa perbedaan hanya belajar dari melebihi semua kegrafikan berdasarkan